Monday, September 17, 2012

Juzuk Amma

Assalamualaikum........

Bismillahirahmanirahim...............

Alhamdulillah masih diberi peluang lagi pada saya untuk menghirup udara Mu yang segar di atas muka bumi yang sementara untuk saya mencari redha MU dan masih lagi berpeluang menulis di blog ini.... Story kali ini saya ingin bercerita mengenai "Juz Amma"... Apa itu Juz Amma? Juz Amma adalah juz yang ke 30 dan yang terakhir dari kitab suci al Quran mengandungi 37 surah.. Surah-surah yang berada dalam juz Amma ini adalah surah yang sering kita baca dan hafal.. Adalah kita tahu surah-surah tersebut berada dalam juz apa? Surah-surah yang kita sering hafal dan menjadi rutin harian kita dalam sembahyang juga itu adalah surah An-Naba' hinggalah surah An-Naas... Ok dibawah ini serba sedikit info tentang juz Amma.... Selamat Membaca dan mentafsir.....


juz ‘Amma merupakan juz dengan jumlah surat terbanyak. Di dalamnya terdapat 37 surat. Dimulai dengan surat an-Naba’ dan di-akhiri dengan surat an-Naas. Sebagian besar dari surat-surat tersebut, yaitu sebanyak 34 surat, merupakan surat Makkiyyah, yaitu surat yang turun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Sedang tiga surat selebihnya, yakni al-Bayyinah, az-Zalzalah dan an-Nashr merupakan surat Madaniyyah, yaitu surat yang turun setelah Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam hijrah ke Madinah.
Ciri khas surat-surat Makkiyyah di antaranya adalah, ayatnya pendek-pendek, susunan kalimatnya sangat indah dan menyentuh, bersastra tinggi dan penuh dengan argumen kuat tak terbantahkan yang meruntuhkan paradigma dan keyakinan kaum musyrikin. Seba-gian besar bahasannya mengingatkan manusia akan kekuasaan Allah Ta’ala di alam semesta, kehidupan akhirat, perjumpaan dengan Allah dan hari Pembalasan. Semua itu tertuang dalam ayat-ayat pendek, dengan bahasa yang begitu indah dan sangat menyentuh.
Di samping itu di dalam Juz ‘Amma terdapat banyak surat yang memiliki keutamaan. Di antaranya adalah surat al-Ikhlash, al-Falaq, an-Naas dan lam-lain. Tentang surat al-Ikhlas misalnya, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda:
“Demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan-Nya, sesungguhnya (surat al-Ikhlash) itu sebanding dengan sepertiga al-Qur’an.” (HR. Al-Bukhari).
Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lain berkaitan dengan surat-surat dalam Juz ‘Amma.
Pertanyaannya adalah, pernahkah terpikirkan oleh kita untuk mencari tahu makna dan kandungan yang terdapat di dalam surat-surat yang tidak asing lagi di telinga kita tersebut? Di dalamnya terdapat banyak rahasia penting dan sangat berharga yang dapat kita raup darinya, lebih dari hanya sekedar kita baca atau kita dengar. Intri sebelum ini adalah terdiri daripada surah surah jua ‘amma.
Wassalam....

2 comments: